Pengertian Web Browser, Fungsi, Cara Kerja Serta Contohnya

Hampir semua pengguna internet menggunakan sebuah alat untuk mencari informasi maupun ingin mencari data yang dibutuhkan. Alat itu bisa disebut dengan web browser. Apa pengertian web browser dan bangaimana cara kerjanya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

pengertian web browser

 

Pengertian Web Browser

Secara umum Pengertian Web browser ialah sebuah perangkat lunak (software) yang dipakai untuk mencari berbagai informasi yang ada di dunia maya atau internet. Perangkat lunak ini akan memudahkan user dalam mengakses data atau mencari informasi yang dibutuhkan.

Cara Kerja Web Browser

Untuk menggunakan web browser User hanya perlu membuka aplikasi web browser yang ada di handphone maupun komputer kemudian mengetikkan alamat situs yang ingin dikunjungi, ada yang memakai awalan www (World Wide Web) atau langsung mengetik url maupun domainnya di bagian address bar.

Kemudian setelah alamat situs diketik maka aplikasi web browser tersebut akan mengambil data yang ditulis menggunakan kode html.

Alamat situs yang kita ketik pada web browser akan menampilkan halaman situs yang dituju, misalnya saya mengetik alamat situs https://www.radenpost.com/ maka yang akan diakses pertama kali oleh web browser adalah http.

http yang terdapat pada alamat tersebut akan mentransfer file dari web server menuju web browser, kemudian situs radenpost.com akan menunjukkan browser pada halaman yang dituju yang mana data tersebut tersimpan di dalam web server.

Fungsi Web Browser

Ada beberapa fungsi web browser yang dapat kita gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuka halaman situs

Yang paling menonjol pada web browser ialah menampilkan halaman website yang hendak dituju oleh pengguna.

Pengguna bisa langsung tertuju ke alamat yang ingin ia tuju, sementara jika menggunakan mesin pencari maka web browes akan menampilkan beberapa situs sesuai dengan kata kunci yang diketik user

2. Memastikan Keamanan situs

Terkadang didalam web browser juga terdapat proses verifikasi situs, ini berguna untuk memastikan bahwa situs tersebut tidak terinfeksi oleh virus yang dapat membahayakan perangkat yang digunakan oleh pengguna.

3. Mendukung Transfer Data

Web browser juga mendukung transfer data yang di inginkan oleh pengguna. Hampir semua situs web yang ada di internet bisa diakses menggunakan web browser dan data yang ada pada situs tersebut bisa disimpan kedalam komputer atau perangkat lain yang digunakan oleh pengguna. Misalnya saja foto, dokumen atau data lain yang tersedia di situs yang dituju

4. Memaksimalkan Tampilan situs

Selain fungsi diatas web browser juga berfungsi mengumpulkan data pada sebuah situs termasuk efek yang ada didalamnya sehingga halaman situs dapat ditampilkan secara maksimal. Tidak hanya menampilkan teks saja, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada sebuah halaman website.

5. Mendukung penggunaan mesin pencari (Search Engine)

Search engine secara umum merupakan bagian dari pad web browser, pengguna dapat memanfaatkan search engine untuk mencari data maupun informasi lebih mudah dan cepat tanpa harus memasukkan atau mengetik alamat situs pada address bar di dalam web browser.

Cukup mengetik kata kunci yang akan dicari maka search engine akan menampilkan beberapa situs web sesuai kata kunci yang kita ketik.

Contoh Web Browser

Berikut ini adalah contoh web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Safari Browser
  4. Opera Browser
  5. Dan masih banyak lagi

Demikian artikel tentang pengertian web browser dan cara kerjanya, semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Terima kasih telah berkunjung ke radenpost.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.