Pengertian Toleransi, Macam-Macam, Serta Manfaat Toleransi

Pengetian toleransi. Halo bertemu lagi dengan Radenpost. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian toleransi, macam dan manfaatnya, langsung saja kita simak ulasan di bawah ini

Pengertian toleransi

Pengertian Toleransi

Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu “TOLELARE” yang berarti saling menghargai. Secara garis besar atau secara umum toleransi merupakan suatu perilaku atau sikap saling menghargai antar individu ataupun kelompok dalam sebuah ruang lingkup sosial.

 

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

Menurut Dewan Ensiklopedi Indonesia

Toleransi yang khususnya di bidang sosial dan politik adalah suatu sikap membiarkan orang lain berbeda keyakinan dengan kita, selain itu menerima segala pernyataan, pengakuan dan menghargai hak asasi manusia.

Menurut Ensiklopedi American

Toleransi memiliki arti yang sangat terbatas tetapi mereka tetap memperlihatkan sifat ketidaksetujuannya yang tersembunyi dan biasanya akan berakhir pada sebuah kondisi yang diperbolehkan namun bersifat terbatas dan bersyarat.

Menurut WJ.S Purwadaninta

Toleransi merupakan sifat atau sikap menenggang yang berupa memperbolehkan atau menghargai suatu pendapat, pendirian, dan kepercayaan yang berbeda dengan pendirian kita.

 

Macam-Macam Toleransi

Toleransi Menurut Istilah

Toleransi menurut istilah adalah sikap saling menghargai dan memberi kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan melakukan sesuatu yang tidak sependapat dengan kita tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu.

Toleransi Antar mat beragama

Toleransi antar umat beragama yakni meyakini bahwa agamaku adalah agamaku dan kepercayaanku dan agamamu adalah agamamu serta kepercayaanmu. Toleransi antar umat beragama juga dapat dikatakan saling menghargai masing-masing agama mereka. Dan kita tidak boleh memaksakan kehendak orang lain untuk menganut agama yang kita jadikan panutan. Serta tidak di perbolehkan untuk saling mengejek agama satu dengan agama yang lain. Karena hakikatnya kita adalah sama-sama manusia yang masih banyak keterbatasan.

Toleransi Sosial

Toleransi sosial adalah sikap saling menghargai antar jindividu satu dengan individu yang lain dengan masing-masing status sosial yang dimilikinya. Dalam toleransi sosial tidak boleh membanding-bandingkan dalam bergaul, tolong menolong dan yang lainnya. Yang paling utama adalah saling menjaga dan saling menghargai agar tercipta keharmonisan dalam lingkungan sosial.

 

Manfaat Toleransi

  • Menciptakan rasa kekeluargaan terhadap sesama mahluk ciptaan tuhan
  • Menimbulkan rasa kasih sayang antara satu sama lain
  • Tercipta kehidupan yang harmonis  dalam bermasyarakat

Terciptanya keamanan, ketenangan, dan kedamaian

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian toleransi, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan kita dapat menanamkan sikap toleransi didalam diri kita,,,

Salam Radenpost….

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *