Pengertian Sistem Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Halo sahabat setia radenpost… pada kesempatan kali ini radenpost akan akan mengulas tentang pengertian sistem secara umum dan pengertian sistem menurut para ahli. mari kita simak ulasan dibawah ini

pengertian sistem

Pengertian Sistem Secara Umum

Kata Sistem merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu systema dan bahasa latin yaitu sustema.

Pengertian sistem secara umum dapat diartikan suatu paduan yang terdiri dari beberapa elemen yang terhubung satu dengan lainnya supaya memudahkan aliran informasi, energi maupun materi hingga mampu mencapai suatu tujuan tertentu.

Sistem bisa ditemui di berbagai bidang ilmu karena menjadi salah cara untuk menggambarkan interaksi suatu set entitas yang paling mudah. Termasuk dalam pembuatan suatu model matematika yang tadinya rumit menjadi lebih sederhana.

Tidak cuma itu saja, sistem juga menjadi unsur perpaduan dari elemen – elemen yang terpisah supaya saling terhubung dalam satu wilayah. Misalnya pada sebuah negara.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai pengertian sistem. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Davis, G.B

Menurut David, G.B Sistem ialah gabungan dari beberapa elemen yang bekerja sama untuk mencapai target tertentu.

2. Colin Cherry

Menurut Colin Cherry sistem ialah suatu keseluruhan yang telah dibentuk dari berbagai macam elemet atau suatu assambel dari bermacam –  macam sifat dari bagian-bagian tersebut.

3. Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono Djojodihardjo Sistem yakni gabungan obyek yang punya keterkaitan secara fungsi serta hubungan setiap ciri obyek, semuanya menjadi suatu yang memiliki fungsi.

4. Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta Sistem merupakan sekumpulan elemen – elemen yang saling berhubungan secara bersama beroperasi untuk mendapatkan tujuan yang sama.

5. Murdick, R.G

Menurut Murdick, R.G Sistem yakni sekumpulan elemen – elemen yang terdiri dari bagan pengolahan atau prosedur untuk mencapai tujuan bersama atau tujuan bagian dengan cara mengoperasikan data pada saat tertentu. Supaya bisa mendapatkan informasi, energi maupun data yang diinginkan.

6. Jerry Futz Gerald

Menurut Jerry Futz Gerald Sistem yaitu jaringan kerja dari prosedur yang saling terkait, berkumpul bersama agar dapat beroperasi dari sebuah kegiatan untuk menyelesaikan tujuan tertentu.

7. Indrajit

Menurut Indrajit Sistem yakni kumpulan dari berbagai komponen yang mempunyai elemen yang saling terkait satu dengan yang lain.

8. Jogianto

Menurut Jogianto Sistem ialah gabungan dari berbagai macam elemen yang saling terkait dan berinteraksi untuk mencapai suatu target tertentu. Sistem ini menggambarkan peristiwa atau kejadian dan kesatuan adalah obyek nyata. Misalnya tempat, benda maupun orang – orang yang betul – betul ada serta nyata.

9. Sumantri

Menurut Sumantri pengertian sistem yaitu sekelompok bagian yang saling berkerja sama untuk menjalankan suatu tujuan

10. Ludwig Von Bertallanffy

Menurut Ludwig Von Bertallanffy sistem yakni suatu kumpulan elemen yang berada pada kondisi yang saling berhubungan

11. Fagen dan A.Hall

Menurut R. Fagen Dan A.HAll sistem ialah sekumpulan objek yang meliputi hubungan antara objek tersebut atau bisa disebut Understanding of the system is a set of objects, which includes the relationship between the objeck, serta keterkaitan antara sifat yang mereka punya (the relationship between their properties).

Demikian Pengertian Sistem Secara Umum dan Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat untuk kita semua. dan nantikan artikel selanjutnya dari kami ya.

Terima Kasih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *