Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Serta Tugas Sistem Operasi

Salam persahabatan untuk sahabat Raden Post. pada artikel sebelumnya kita telah memahas tentang Pengertian Komputer dan Fungsi Komputer, pada kesempatan yang baik ini kami akan melanjutkan dengan mengulas seputar Pengertian Sistem Operasi, Fungsi serta Tugas Sistem Operasi. Mari kita simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem operasi

Sistem Operasi merupakan sebuah software (Perangkat Lunak) yang bertugas sebagai penanggung jawab mulai dari mengatur dan mengontrol kerja hardware (Perangkat Keras) serta menjalankan aplikasi yang ada didalam sistem komputer.

Jadi sistem operasi ini sebagai kunci pengendali operasi dasar dan memastikan semua sistem dalam komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Fungsi dan Tugas Sistem Operasi

Sistem operasi memiliki Fungsi dan tugas yang sangat vital di dalam komputer, tanpa adanya sistem operasi maka dapat dipastikan komputer tidak akan berjalan seperti komputer yang ada di depan anda.

Berikut ini adalah funsi dan tugas dari sebuah sistem operasi:

  1. Resource Manager, bertugas sebagai pengelola sumber daya dan mengalokasikan sumber daya tersebut. Misalnya CPU, Memory, Disk Drive dan perangkat lainnya.
  2. Interface, bertugas sebagai perantara antara user (pengguna) dengan perangkat keras dengan menyajikan tampilan yang memudahkan kepada user (pengguna)
  3. Coordinator, bertugas mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang rumit bisa terproses dengan baik
  4. Guardian, bertugas memberikan akses dengan cara melindungi file, mengontrol data serta program.
  5. Gate Keeper, bertugas mengendalikan hak akses pengguna serta mengawasi apa saja yang dilakukan oleh si pengguna
  6. Optimizer, bertugas sebagai penjadwal input oleh user, pengaksesan database, proses komputasi dan penggunaannya.
  7. Server, bertugas melayani pengguna komputer, pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya, CPU, Memory, Disk Drive dan perangkat lainnya.

Contoh Sistem operasi

Berikut ini adalah contoh sistem operasi yang banyak digunakan di seluruh dunia

  1. Windows
  2. Linux
  3. MacOS
  4. Solaris
  5. IBM
  6. Chrome OS

Demikian artikel Pengertian Sistem Operasi serta fungsi tugas sistem operasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda pada umumnya dan khususnya untuk saya pribadi. terima kasih
Salam Raden Post

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *