Pengertian Proposal, Jenis, Unsur, Tujuan, Serta Fungsi Proposal

Berbicara mengernai proposal, apa itu pengertian proposal ? untuk lebih jelanya mari kita simak artikel dibawah ini

Pengertian Proposal Secara Umum

Pengertian Proposal

Proposal berasal dari bahasa inggris to Propos yang berarti mengajukan. Secara sederhana proposal dapat diartikan permohonan atau pengajuan baik itu berupa ide gagasan, pemikiran, maupun rencana terhadap pihak lain untuk mendapat persetujuan yang bersifat izin, permohonan bantuan dana, dan lain-lain. Proposal dapat didefinisikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis untuk menjelaskan atau menjabarkan suatu rencana atau kegiatan kepada pembaca.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Proposal dari Sudut Pandang Dunia Ilmiah

Defnisi proposal adalahrancangan dari sebuah usulan suatu penelitian dan akan dilakukan oleh peneliti terhadap hasil penelitiannya. Dalam pendapat tersebut proposal dapat diartikan sebagai usulan, bahkan ada yang menyatakan bahwa proposal adalah suatu permintaan atau dapat juga disebut sebagai saran yang ditujukan kepada perseorangan, organsasi, suatu kelompok atau suatu badan untuk melaksnakan suatu tujuan dalam pekerjaan.

Proposal Menurut KBBI (2002)

Menurut pandangan KBBI proposal adalah rencana yang dituangkan kedalam bentuk rancangan kerja, rencana secara sistematis, teliti dan matang yang dibuat oleh peneliti sebelum dilaksanakannya peneltaian baik penelitian diperpustakaan (Library Research) maupun penelitian dilapangan (Field Research). Kita harus memiliki ketrampilan dalam menulis proposal, agar kita terbiasa berfikir sistematis atau logis sesuai langkah-langkan dalam menulis proposal.

Jay (2006 : 1)

Yang disebut proposal adalah alat Bantu menejemen standar agar sisem menejemen dapat berfungsi dengan efisien.

Hasnun Anwar (2004 :73)

Menurut pendapat beliau proposal adalah rencana yang disusun untuk suatu kegiatan tertentu.

Jenis-Jenis Proposal

Secara mum proposal dibagi menjadi 4 jenis yakni :

1. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah suatu pengajuan rencana sebuah kegiatan atau acara baik itu bersifat perseorangan maupun kelompok. Contohnya kegiatan ulang tahun desa.

2. Proposal Bisnis

Proposal bisnis merupakan proposal yang erat kaitannya dengan dunia usaha baik individu ataupun kelompok. Contohnya kerjasama antar perusahaan.

3. Proposal Penelitian

Proposal jenis ini biasanya digunakan dalam bidang akademisi, contohnya peneletian untuk pembuatan makalah, skripsi dan lain-lain. Isi proposal tersebut tentang pengajuan kegiatan penelitian.

4. Prposal Proyek

Pada proposal jenis ini hanya menjangkau dunia kerja yang isinya serangkaian rencana bisnis atau komersil. Contohnya proyek pembangunan gedung atau pembangunan ruko.

Proposal Berdasarkan Bentuk

Proposal dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Proposal bentuk semi formal – hanya mencangkup beberapa bagian saja.
  2. Proposal bentuk nonformal – hampir sama dengan roposal bentuk semi formal, hanya mencakup beberapa bagian saja, biasanya proposal tersebut berisi permohonan, pemecahan masalah, dan saran.
  3. Proposal bentuk formal – Sedangkan proposal bentuk ini berbeda dengan bentuk proposal sebelumnya, proposal bentuk formal terdiri dari 3 bagian yang utama yaitu :
  • Pendahuluan yang terdiri atas halaman judul dan sampul
  • Kata pengantar (surat pengantar), Ikhtisar
  • Isi yang terdiri atas pembatasan masalah, latar belakang, pemikiran dasar, tujuan ruang lingkup, fsilitas, metodologi, susunan panitia (personalia), keuntungan, kerugian, waktu serta biaya.
  • Dan Pengesahan permohonan
  • Penutup yang berisi tabel, daftar pusaka, lampiran dan lain sebagainya tergantung kebutuhan.

Tujuan Proposal

  • Tujuan Diajukannya proposal adalah sebagai berikut :
  • Untuk mendapatkan Izin suatu acara
  • Untuk mendapatkan bantuan dana
  • Untuk mendapat dukungan
  • Untuk mendapat sponsor

 

Unsur-Unsur Proposal

Latar Belakang Masalah

Pada umunya pada latar belakang dilampirkan secara ringkas mengenai teori, hasil penelitian, kesimpulan dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman pribadi yang berkaitan dengan pokok masalah yang sedang diteliti. Dengan tujuan masalah yang akan diteliti memiliki dasar yang lebih kuat.

2. Hipotesis

Biasanya hipotesis diajukan dengan jawaban yang bersifat sementara agar masalah yang akan diteliti dengan jawaban setelah penelitian akan lebih jelas. Rumusan hipotesis seharusnya dikemukakan dalam bentuk singkat, padat dan jelas, serta menyatakan tautan antara variabel atau lebih.

3. Rumusan Masalah

Pada umumnya rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk surat yang berupa beberapa pertanyaan yang akan dijawab. Lebih baik rumusan masalah disusun dengan singkat, padat dan jelas dan dituangkan dalam bentuk pertanyaan atau kalimat tanya.

4. Tujuan Penelitian

Unsur proposal yang selanjutnya adalah tujuan penelitian, dalam hal ini harus ditekankan pada sasaran yang menjadi tujuan dalam penelitian. Tujuan penelitian tertuju pada rumusan masalah serta berupa pertanyaan.

5. Manfaat Penelitian

Pada manfaat penelitian ditujukan pada seberapa pentingnya penelitian terutama pelaksanaan pembangunan dan pembangunan ilmu. Hendaknya bagian ini berisi alasan atas layaknya masalah yang diteliti.

6. Definisi Operasional

Definisi operasional merupakandefinisi yang dibuat atas dasar hal yang diamati oleh peneliti. Yang harus kita ketahui bahwa definisi operasinal bukanah definisi menurut para ahli atau berdasarkan kamus.

7. Ruang Lingkup dan keterbatasan penelitian

Dalam hal ini penelitian akan dikemukakan karena sering mendapati lesulitan atau batasan-batasan ruang lingkup kajian dan harus terpaksa dilakukan karena beberapa alasan prosedural, alasan logistik maupun teknik penelitian. Sedangkan keterbatasan penelitian karena kendala yang berasal dari etika, kepercayaan, adat serta tradisi yang tidak dapat dicari oleh peneliti.

 

Fungsi Proposal

  • Proposal untuk mengadakan acara pelatihan, seminar, dan diskusi
  • Proposal untuk mengajukan tender dari lembaga swasta atau lembaga pemerintah
  • Proposal untuk membangun usaha kecil, menengah maupun usaha yang besar
  • Proposal untuk mengajukan kredit pada Bank
  • Proposal untuk melakukan penelitian dalam jangkauan luar seperti agama,politis, sosial , budaya, ekonomi dan lain-lain

Demikianlah penjelasan tentang pengertian proposal, jenis, unsur, tujuan serta fungsi proposal. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. terimaksih sudah berkunjung.

Salam Radenpost

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *