24 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Apa Pengertian Komunikasi? Yups itulah yang akan kita bahas saat ini. Banyak orang yang mudah mengatakan komunikasi akan tetapi tidak tau makna dari komunikasi itu sendiri. Maka dari itu radenpost akan mengulas secara tuntas mengenai pengertian komunikasi secara umum dan pengertian komunikasi menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian komunikasi secara umum ialah suatu proses pengiriman dan penerimaan informasi yang dilakukan dua orang atau lebih secara efektif agar dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami .

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Banyak para ahli mempunyai pendapat yang berbeda mengenai arti komunikasi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Aristoteles, komunikasi merupakan alat atau usaha untuk warga (masyarakat) ikut serta dalam sebuah demokrasi.
  2. Anderson, Beliau berpendapat bahwa komunikasi adalah langkah – langkah atau tahapan yang bersifat konsisten serta dinamis yang dapat berubah sesuai situasi dan kondisi yang berlaku.
  3. Anwar Arifin, Beliau mengemukakan bahwa komunikasi merupakan sebuah konsep yang memiliki banyak makna. Makna komunikasi bisa di bedakan berdasarkan sebagai proses sosial. Komunikasi pada makna ini terdapat pada ilmu sosial.
  4. Djenamar, SH. Beliau berpendapat bahwa komunikasi merupakan seni dalam menyampaikan informasi atau gagasan terhadap orang lain.
  5. Barnlund, Berpendapat bahwa komunikasi ada karena terdapat dorongan suatu kebutuhan dan mengurangi ketidakpastian, melaksanakan dengan efektif, merawat atau memperkuat ego
  6. Lexicographer, Menurut beliau Komunikasi adalah suatu cara dengan tujuan untuk meraih kebersamaan. Apabila kedua belah pihak melakukan komunikasi dan saling memahami apa yang disampaikan itulah tujuan yang di inginkan oleh kedua belah pihak
  7. Hoben, Berpendapat bahwa komunikasi adalah pertukaran pemikiran atau gagasan yang disampaikan secara verbal.
  8. Redi Panuju, Komunikasi adalah alur sistem yang bekerja di antara bagian organisasi untuk mendapatkan keharmonisan.
  9. Murphy & Mendelson, berpendapat bahwa komunikasi merupakan satu cara yang dilakukan dalam menjaga dan menjalin hubungan interpersonal.
  10. Wiliam Albig, komunikasi adalah proses pertukaran kata yang memiliki makna antara individu atau golongan.
  11. Wiliam I. Gordon berpendapat, komunikasi dapat diartikan sebagai pertukaran yang dinamis, meliputi perasaan dan gagasan.
  12. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss mengemukakan, bahwa komunikasi merupakan proses pertukaran makna antara personal atau lebih
  13. Judy C pearson & Paul E melson berpendapat, Komunikasi adalah sekumpulan proses atau tahapan dalam melaksanakan pemahaman terhadap makna dan berbagi makna kepada personal maupun golongan.
  14. Harorl D. Lasswell, menurut beliau komunikasi Pada dasarnya merupakan sebuah proses yang mengutarakan apa, menjelaskan siapa, dengan saluran apa, untuk siapa? dengan akibat apa atau hasil apa?
  15. Liliweri mengutarakan bahwa Komunikasi merupakan pertukaran suatu pesan dari satu sumber kepada penerima supaya bisa dipahami.
  16. Bernard Berelson & Gary A. Steiner, Komunikasi yaitu pengiriman informasi, emosi, gagasan, ketrampilan, dan lain – lain, dengan menggunakan kalimat tertentu, simbol, gambar, grafik, figur dan lain sebagainya. Aksi maupun proses pertukaran itu yang selanjutnya dinamakan komunikasi.
  17. John R. Wenburg dan William W Wilmot berpendapat, Komunikasi adalah sebuah cara agar memperoleh makna.
  18. Carl I.Hovland, beliau mengatakan bahwa Komunikasi merupakan proses yang akan menjadikan seseorang atau komunikator memberikan rangsangan supaya bisa merubah tingkah orang lain.
  19. James A.F.Stoner berpendapat, Komunikasi merupakan tahapan – tahapan diantara perorangan melalui upaya memberikan pemahaman dan maksud melalui pertukaran pesan.
  20. Drs. H.A.W, pengertian komunikasi menurut beliau adalah hubungan kontak diantara personal maupun kelompok.
  21. Everett M. Rogers, menjelaskan bahwa Komunikasi adalah proses dari sebuah ide yang di transfer dari satu sumber kepada satu penerima atau pun lebih, yang memiliki tujuan supaya tingkah laku mereka dapat berubah.
  22. Rogers & D. Lawrence Kincaid mengungkapkan bahwa Komunikasi merupakan sebuah proses dari dua orang atau lebih dalam membuat dan melakukan pertukaran informasi satu dengan yang lain, yang pada intinya akan muncul saling memberi pemahaman yang sifatnya mendalam. .
  23. Shannon & Weaver, pengertian Komunikasi merupakan suatu wujud hubungan manusia dimana keduanya mempunyai pengaruh dan mempengaruhi satu dengan lainnya, semua itu dilakukan dengan sengaja atau tidak. Komunikasi tidak hanya dilakukan dengan menggunakan bahasa verbal semata, akan tetapi juga menyangkut perihal ekspresi wajah, teknologi serta lukisan seni.
  24. Raymond S. Ross mengutarakan bahwa Komunikasi adalah sebuah langkah – langkah untuk menfilter, memilih dan menghantarkan simbol simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang dapat mempermudah pendengar membangkitkan rasa atau pun respon dari pikiran yang sama dengan yang dikehendaki oleh komunikator.

Jadi itulah 24 Pengertian Komunikasi menurut Para Ahli yang harus kamu ketahui. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, dan kami ucapkan terima kasih bagi yang menyempatkan waktunya untuk mampir ke blog ini.

Salam Radenpost

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.