Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Tujuan Serta Ciri – Cirinya

Menurut Wikipedia Pengertian Kewirausahaan atau wirausaha yaitu sebuah proses untuk mengembangkan dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan.

Kewirausahaan merupakan sebuah tujuan dalam menerapkan ide kreatifitas serta memanfaatkan peluang demi mendapatkan sesuatu yang memiliki nilai.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Secara umum kewirausahaan dapat diartikan sebagai proses dalam melaksanakan sesuatu yang belum pernah ada atau baru dengan kreatifitas serta inovasi yang dimiliki, serta dapat bermanfaat untuk diri kita dan orang lain serta memiliki nilai yang lebih.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kewirausahaan merupakan kata yang berasal dari 2 suku kata yaitu wira dan usaha, “Wira” artinya pejuang, berani, berbudi luhur, berwatak agung dan “usaha” artinya adalah bekerja, berbuat sesuatu, berbuat amal

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli memiki pandangan yang berbeda mengenai pengertian kewirausahaan, antara lain sebagai berikut

 

1. Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusia kewirausahaan ialah sebuah nilai yang dicapai dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, target, siasat, kiat, tahapan, dan hasil bisnis.

2. Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro Kewirausahaan ialah sebuah nilai yang dibutuhkan untuk mengawali usaha dan mengembangkan usaha.

3. Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro kewirausahaan ialah sebuah keberanian untuk melaksanakan berbagai upaya demi memenuhi kebutuhan hidup yang dilaksanakan oleh seseorang, berlandaskan kemampuan dan memanfaatkan segala potensi yang dipunyai untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan bagi diri sendiri dan orang lain.

4. Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto Kewirausahaan ialah usaha kreatif yang dilaksanakan berlandaskan inovasi demi menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai lebih, memiliki manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh orang lain.

5. Peter Drucker

Menurut Peter Drucker Kewirausahaan ialah kemampuan dalam menciptakan hal baru yang berbeda dari yang lain.

6. Zimmerer

Menurut Zimmerer kewirausahaan ialah sebuah tahapan (proses) penerapan kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan masalah dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis

7. Siswanto Sudomo

Menurut Siswantao Sudomo kewirausahaan ialah segala hal yang penting tentang seorang wirausaha, yaitu orang yang mempunyai watak pekerja keras dan mau berkorban, mengfokuskan segala daya upaya serta berani mengambil resiko demi mewujudkan ide nya.

Ciri – Ciri Wirausahawan

1. Memiliki Jiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan harus dimiliki oleh wirausahawan. Dengan memiliki jiwa pemimpin dalam dirinya maka akan dapat mengembangkan usahanya agar menjadi lebih baik dan maju.

2. Tidak Konsumtif (Suka Belanja)

Saat ini Konsumtif (Suka Belanja) merupakan salah satu penyakit yang selalu menggerogoti seseorang. Seorang wirausahawan janganlah terlalu sering belanja yang tidak terlalu dibutuhkann.

3. Memiliki Analisis yang Tepat.

Setiap orang dapat dikatakan seorang wirausahawan apabila memiliki pengetahuan dalam membuat analisa, analisisnya harus tepat dan harus mendekati 100 persen benar.

4. Memiliki Semangat juang yang tinggi.

Seorang wirausahawan harus memiliki semangat yang tinggi supaya tidak mudah putus asa dalam berwirausaha.

5. Berani Ambil resiko

Setiap orang bisa disebut wirausahawan apabila memiliki sifat berani dalam mengambil resiko. Semua itu harus sesuai dengan rencana awal yang matang serta dilakukan pengamatan yang matang terhadap ide dan gagasan yang dimilikinya

6. Memiliki keberanian dan daya kreasi yang Tinggi.

Seorang wirausaha harus memiliki keberanian dalam berkreasi, memiliki rencana kedepan dan selalu mempunyai mimpi. Buang jauh – jauh rasa takut dalam berencana dan bermimpi.

7. Selalu Berfikir Kedepan

Seseorang bisa disebut wirausahawan apabila selalu berfikir kedepan. Berfikir positif akan masa depan, memiliki rencana kedepan dan yakin bahwa masa depan akan lebih baik dari pada masa sekarang.

Tujuan Berwirausaha

Berikut ini adalah beberapa tujuan berwirausaha, antara lain sebagai berikut:

  • Membuka lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan serta membantu mereka untuk menjadi pengusaha yang mandiri
  • Membuat jaringan bisnis baru yang bisa menerima banyak tenaga kerja di sekitar mereka.
  • Meningkatkan kesejahteraan hidupnya serta masyarakat sekitar usaha yang dijalankan dengan cara membuka lapangan pekerjaan
  • Memberikan semangat berwirausaha kepada orang lain
  • Membantu pengusaha muda dalam berkreasi serta berinovasi

Demikian artikel tentang pengertian kewirausahaan, semoga dapat bermanfaat buat kita semua dan selalu semangat dalam berwirausaha

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *