Pengertian Internet, Sejarah Serta Manfaat Internet

Halo Sahabat Raden Post, kembali bersama kami pada kesempatan kali ini Raden Post akan kembali membagikan artikel tentang Pengertian Internet. Internet Sekarang ini seakan berubah menjadi kebutuhan utama yang hampir sama dengan makanan, pakaian bahkan tempat tinggal. Tanpa adanya akses internet, hidup terasa hampa bagaikan kehilangan sang mantan, ehhh maksudnya sang pacar. Internet mampu menghadirkan hal – hal yang kita butuhkan bahkan apapun yang kita inginkan seakan diberikan olehnya, layaknya seperti pacar baru. Hehehehe

Hampir semua kalangan usia saat ini membutuhkan internet, mulai dari orang tua yang suka mencari hiburan untuk si buah hatinya melalui internet, Pelajar yang mencari bahan belajar di internet, pengusaha yang mempromosikan bisnisnya melalui internet, bahkan para jomblowan dan jomblowati yang mencari pasangan melalui internet, hampir semuanya dicari melalui internet. Untuk mengenal lebih jauh masalah internet, fungsi dan manfaat internet,, mari kita simak ulasan dalam pembahasan berikut ini.

Pengertian Internet

Pengertian Internet

Pengertian Internet (Interconnection Networking) adalah Sistem jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh jaringan komputer.

Internet merupakan jaringan yang terdiri dari jutaan bahkan milyaran komputer yang ada di dunia dan dapat terhubung dengan berbagai jenis komputer serta topologi jaringan yang berbeda – beda.

Sejarah Internet

Internet adalah  jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita dapat melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terbatas melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Fasilitas – Fasilitas yang Tersedia Pada Internet

Internet atau Jagat Raya Informasi sebutan populernya ini menyediaka banyak fasilitas yang dapat kita gunakan atau manfaatkan. Berikut ini adalah fasilitas – fasilitas yang dapat kita manfaat melalui internet, antara lain :

  1. Email

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail adalah media pengiriman surat atau pesan dengan format digital. Email dapat diakses melalui handpone ataupun komputer dan internet sebagai penunjanganya. Karena dengan menggunakan internet email akan bekerja jika tidak, maka email tidak akan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Dengan memanfaatkan email, kita bisa menghemat biaya dalam pengiriman pesan, tidak harus datang ke kantor post seperti zaman dahulu.  Selain mengirim pesan berupa tulisan, dengan email kita juga mengirim data (file) berupa gambar, video, dokumen dan data lainnya sesuai kebutuhan.

  1. FTP

FTP (File Transfer Protocol) Merupakan satu diantara layanan internet yang dapat kita gunakan untuk mentransfer file dari komputer client ke komputer server.

Selain itu file yang telah kita transfer ke komputer server dapat di ambil oleh di unduh oleh orang lain dan disimpan ke komputer mereka.

  1. WWW (World Wide Web)

World Wide Web atau yang sering disebut WWW adalah sebuah sistem yang ada pada internet yang bertugas melakkukan pencarian dan pemberian informasi secara cepat menggunakan teknologi hypertext. Untuk bisa mendapatkan hypertext , maka dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman bernama HTML (Hyper Text Markup Language).

  1. Chatting

Chatting adalah percakapan antara dua atau lebih pengguna komputer secara realtime dengan menggunakan jaringan internet. Dahulu kita perlu melengkapi komputer dengan webcame untuk bisa melakukan chatting atupun ngobrol, tapi sekarang semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai aplikasi chatting yang bisa kita dapatkan, seperti Whatsapp, Line, Telegram dan masih banyak lagi. Semua itu bisa kita manfaatkan dengan jaringan internet.

  1. Gopher

Gopher merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk kebutuhan pencarian ataupun pengambilan informasi berupa text melaui jaringan internet. Untuk memperoleh informasi via Gopher kita memerlukan hubungan dengan server Gopher yang ada di internet.

Manfaat dan Fungsi Internet

  1. Menambah Pengetahuan

Dengan adanya internet kita bisa mencari ilmu pengetahuan dari berbagai bidang. Terutama bagi kalangan pelajar, dahulu setiap ingin belajar ilmu baru kita harus membeli buku untuk dapat mempelajarinya, tapi sekarang ini kita hanya butuh akses internet dan mencari apa yang kita butuhkan maka kita bisa mempelajarinya.

  1. Sebagai Sarana Belanja

Dulu setiap ingin belanja barang kita harus pergi kepasar ataupun toko. Namun dengan adanya internet kita bisa belanja apa saja, mulai dari keperluan dapur, fashion, barang elektronik dan barang lainnya bisa dengan mudah kita dapatkan melalui internet. Kita tinggal duduk santai dirumah, pesan barang online dan barang akan dikirim oleh kurir. Jadi bisa menghemat waktu serta biaya.

  1. Mencari Lowongan Kerja

Selain memudahkan kita mencari ilmu pengetahuan dan informasi lainnya, internet juga bisa kita manfaatkan untuk mencari lowongan kerja. Dulu kita mencari lowongan kerja melalui koran atau datang langsung ke perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, sekarang kita tinggal duduk manis sambil mencari lowongan kerja di internet, setelah ketemu apa yang kita cari tinggal kirim surat lamaran kerja melalui email.

  1. Untuk Berbisnis

Selain untuk mencari lowongan kerja, internet juga bisa kita manfaatkan untuk berbisnis. Aktifitas ini sering disebut bisnis online, misalnya anda adalah seorang pedagang pakaian, anda bisa memanfaatkan internet untuk dijadikan tempat penjualan anda. Anda bisa menjual pakaian melalui berbagai media sosial yang banyak dipakai oleh orang, misalnya facebook, twitter dan media sosial lainnya. Selain media sosial anda juga bisa berjualan di situs jual beli online, seperti Bukalapak, Tokopedia, Olx dan situs jual beli lainnya.

Itulah pembahasan mengnai Pengertian Internet, Sejarah Internet serta Manfaat internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan kami ucapkan terima kasih sudah mampir ke blog kami.

Salam Raden Post

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.