Pengertian Interaksi Sosial, Bentuk, Ciri Ciri, Contoh dan Faktor Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial. Apa interaksi sosial ?, Apakah ciri-ciri interaksi sosial ? Dan apa saja contoh dan faktornya ? Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Interaksi sosial

Interaksi sosial yakni hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi, baik antara kelompok dan kelompok, individu dan kelompok, maupun individu dengan individu. Interaksi sosial merupakan proses awal yang terjadi pada setiap orang untuk menjalin kontak, komunikasi dan akan mempengaruhi antara satu sama lain dalam fikiran maupun tindakan.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Homans

Pengertian interaksi sosial merupakan suatu peristiwa yang terjadi ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seorang individu dengan individu lain diberi sanksi menggunakan suatu perlakuan oleh individu yang maenjadi lawannya.

Gilin

Gilin menyatakan bahwa interaksi sosial adalah huungan-hubungan sosial yang dinamisyang berkaitan dengan hubungan antara individu dan kelompok atau antar kelompok.

Broom dan Selznic

Menurutilmuan tersebut pengertian interaksi sosoal adalah Proses menyesuaikan respon (tindak balasan) sesuai tindakan yang dilakukan orang lain, dan proses bertindak yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain.

Bentuk-Betuk Interaksi Sosial

Bentuk interaksi sosial dapat kita bedakan menjadi dua bentuk yakni bentuk interaksi sosial Disosiatif dan bentuk interaksi sosial Asosiatif.

Bentuk-bentuk Interaksi Sosial Disosiatif

Kontraversi merupakan suatu bentuk proses yang menunjukan adanya ketidakpuasan atau ketidaksenangan terhadap individu lain baik secata terbuka maupun secara tersembunyi.

Compotition (Persaingan) yakni suatu bentuk perjuangan yang dilakukan suatu individu atau kelompok yang berlomba-lomba untuk menggapai tujuan yang sama.

Konflik Sosial (Pertentangan) adalah suatu bentuk proses sosial antara individu maupun kelompok masyarakat tertentu akibat adanya perbedaan pemahaman yang penting sehingga meimbulkan perpecah belahan diantara mereka.

Bentuk-Bentuk Sosial Asosiatif

Aculturation (Akulturasi) ialah suatu bentuk proses yang timbul dari suatu kebudayaan untuk menerima adanya unsur budaya asing tanpa menghilangkan kebudayaan itu sendiri.

Accomodation (Akomodasi) merupakan bentuk proses penyesuaian didalam interaksi antarindividu maupun antarkelompok yeng bertujuan mendamaikan prselisihan.

Cooperation (Kerja sama) Merupakan bentuk usaha bersama baik individu ataupun antar kelompok untuk menggapai tujuan yang sama.

Ciri-Ciri Interaksi Soaial

Berikut adalh ciri-ciri interaksi sosial:

  • Memiliki maksud dan tujaun yang jelas
  • Terjaadi komunikasi antara pelaku
  • yang meelakukan interaksi sosial
    Jumlah pemeran lebih dari satu oranr
  • Berdasarkan pola atau suatu sistem tertentu

Contoh Interaksi Sosial

Kelompok dengan Kelompok

  • Osis dan Pramuka yang saling membantu dalam pembangunan mushola sekolah
  • Kelompok 1 dab 2 yang saling berdebat untuk mendiskusikan sesuatu
  • Polisi dan TNI yang bekerjasama memadamkan api

Individu dengan Kelompok

  • Ketua Osis dengan anggotanya
  • Guru dengan muridnya
  • Kepala desa dengan masyarakatnya

Individu dengan Individu

  • Seorang dokter dan pasiennya
  • Seorang pedagang dan pembeli
  • Seorang Driver dan costemer

Faktor-Faktor Interaksi Sosial

Simpati adalah seorang individu yang merasa tertarik pada individu / orang lain. Rasa simpati tersebut dapat diungkapkan oleh individu, atau sekelompok individu maupun lembaga formal pada momen-momen khusus.

Motivasi merupakan ucapan yang berupa dorongan yang diberikan oleh seorang individu kepada individu lain dengan tujuan memberi semangat,

Sugesti adalah cara mempengaruhi pandangan seorang individu kepada individu lain dengan caranya sendiri, sehingga individu tersebut mengikuti semua yang dikatakan oleh individu pertama tanpa berfikit panjang.

Identifikasi merupakan kecenderungan yang hadir dalam individu untuk mengikuti atau menginginkan hal yang sama dengan individu lain.

Demikian pembahasan mengenai pengertian interaksi sosial, bentuk, ciri-ciri, dab faktor nya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung ke blog Radenpost.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.