Pengertian Dokumen, Ciri-Ciri, Jenis, Sifat, dan Fungsi Dokumen

halo sahabat radenpost, pada pertwmuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dokumen, ciri-ciri, jenis, sifat, dan fungsi dokumen. langsung saja mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Dokumen Secara Umum

Pengertian Dokumen

Dokumen merupakan surat berharga yang ditulis atau dicetak yang digunakan sebagai keterangan atau bukti secara nyata. Dokumen itu sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu “Document”, yang mengandung arti sesuatu yang tercetak atau tertulis dan benda-benda yang memiliki keterangan dipilih dan dikumpulkan, disusun untuk disebarkan.

Diskripsi Dokumen Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli masing-masing berpendapat mengenai pengertian dokumen yaitu sebagai berikut :

G.J Renier “University Collage London 1997:104”

Dokumen mencakup semua sumber mulai dari lisan hingga tulisan adalah diskripsi dokumen secara luas.

Dokumen yang berasal dari sumber tertulis saja adalah diskripsi dokumen secara sempit.

Sedangkan dokumen dalam arti spesifik yaitu hanya meliputi surat Negara dan surat resmi, seperti surat perjanjian, hibah, undang-undang, konsesi, dan sebagainya.

Louis Gottschalk “1986:38”

Proses pembuktian yang didasarkan atas sumber jenis apapun, mulai yang bersifat tulisan, lisan, hingga gambaran atau arkeologis adalah diskripsi dokumen dengan arti luas.

Dokumen adalah sumber tertulis bagi informasi sejarah sebagai kebalikan dari pada kesaksian lisan, artefak, peninggalan-peninggalan terlukis dan petilasan-petilasan arkeologis.

Diskripsi Dokumen Diambil dari Beberapa Sumber

Adapun pendapat tentang dokumen yang di ambil dari beberapa sumber yaitu sebagai berikut :

Kamus Umum Bahasa Indonesia

Dokumen merupakan sesuatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dipergunakan sebagai keterangan atau bukti.

Ensiklopedia Indonesia

Dokumen dalam arti luas merupakan piagman surat akta, surat resmi dan bahan rekaman tertulis atau tercetak yang dapat memberikan keterangan untuk penyelidikan ilmiah.

Kamus Kepegawaian Dokumen

Segala catatan tertulis, mulai dari yang tercetak hingga tidak tercetak.

Segala benda yang memiliki keterangan-keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan serta untuk disebarkan.

Menurut Kamus Bahasa Inggris Webster

Dokumen sebagai alat pembuktian dengan keterangan, melengkapi keterangan dengan fakta-fakta.

Dokumen dapat digunakan untuk melengkapi keterangan, seperti surat keterangan, pernyataan, lampiran-lampiran sebuah buku atau thesis.

Jenis Dokumen

Dokumen dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

Dokumen Fisik adalah dokumen yang menyangkut materi ukuran, tata letak,  berat, sarana, prasarana dan lain sebagainya.

Dokumen Intelektual merupakan dokumen yang mengacu tujuan, sumber, isi subjek, metode penyebaran, cara memperoleh, keaslian dokumen dan lain sebagainya.

Jenis Dokumen Berdasarkan Kepentingannya

Dokumen berdasarkan kepentingannya, terdiri dari : dokumen pribadi, dokumen niaga, dokumen sejarah dan doumen pemerintah, yakni :

Dokumen Pribadi,

Dokumen pribadi adalah dokumen yang menyangkut kepentingan perorangan. Contoh dokumen pribadi : KTP, SIM dan ijasah

Dokumen niaga

Dokumen niaga dapat diartikan dokumen yang berhubungan dengan perniagaan, berbentuk surat – surat penting yang dapat digunakan sebagai media pembayaran.seperti pada contoh dokumen niaga yaitu : latter of credit, packing list,  cek, obligasi,t, faktur, kuitansi, surat pengantar, bill of lading, saham, dan lain lain.

Dokumen sejarah

Sedangkan dokumen sejarah merupakan, dokumen yang erat kaitannya dengan sejarah, dokumen tersebut dapat berupa catatan penting yang disimpan dengan tujuan sebagai alat bukti untuk peristiwa-peristiwa bersejarah. Misalnya rekaman film kemerdekaan, autobiografi, tugu, naskah proklamasi, dan file-file yang mengandung sejarah.

Dokumen pemerintah

Dokumen pemerintah adalah dokumen yang berisi tentang informasi ketatanegaraan dari suatu struktur pemerintahan, yang akan dipergunakan sebagai pembuktian kegiatan suatu pemerintahan, misalnya : Undang-Undang, perjanjaian kerja antar negara, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah, dan Peraturan Pemerintah.

Sifat Dokumen

Dokumen memiliki dua sifat yaitu sbagai berikut:

Dokumen Nontekstual adalah dokumen yang berisi beberapa teks, seperti: gambar,  peta, grafik, rekaman dan lain sebagainya.

Dokumen Tekstual adalah dokumen yang menyajikan informasi dalam bentuk tertulis, seperti: buku, majalah, katalog dan lain sebagainya.

Jenis Dokumen

Jenis dokumen dari segi fungsi

Adapun dokumen yang dapat kita lihat dari segi fungsinya, yaitu sebagai berikut :

Dokumen dinamis

Dokmen dinamis yaitu dokumen yang digunakan untuk menyelrsaikan pekerjaan kantor secara langsung. Dokumen tersebut terdiri dari tiga macam, yaitu dokumen dinamis aktif, semi aktif dan inaktif.

Dokumen statis

Dokumen statis merupakan dokumen yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara tidak lansung.

Jenis dokumen berdasarkan bentuk fisiknya

Adapun dokumen yang dapat kita lihat berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu sebagai berikut :

Dokumen korporil

Dokumen korporil merupakan dokumen yang berbrntuk benda bersejarah. Dokumen tersebut biasanya dikumpulkan dan diletakkan di museum. Contohnya adalah : patung, arca, pakaian adat, uang kuno, keris dan lain-lain.

Dokumen literer

Dokumen literer merupakan dokumen yang berbebtuk tulisan, cetakan, atau rekaman, dan dikumpulkan pada suatu tempat seperti perpustakaan. Contohnya buku, majalah, dan film.

Dokumen privat

Dokumen privat merupakan dokmen dalam bentuk arsip atau surat. Dokumen tersebut disimpan dalam bentuk kearsipan, contohnya laporan, surat niaga, surat tanda bukti, surat dinas, dan lain-lain.

 

Fungsi Fungsi Dokumen

Adapun fungsi dokumen sebagai berikut :

  • Alat komunikasi
  • Bukti dari apa yang kita kerjakan / lakukan
  • Data pendukung apabila ada masalah

Demikian pembahasan tentang pengertian dokumen, ciri-ciri, jenis, sifat dan fungsi dokumen. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih sudah berkunjung.

Salam radenpost

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *