Pengertian dan Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus mengetahui tentang ilmu sosial, dengan mempelajari pengertian ilmu pengetahuan sosial, sebagai wujud usaha awal. Berikut adalah pembahasan tentang pengertian ilmu pengetahuan sosial menurut para ahli dan tujuannya.

PENGERTIAN DAN TUJUAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENURUT PARA AHLI

Pengertian ilmu pengetahuan sosial

Pembahasan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Pengertian ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat . Atau ilmu yang mengkaji berbagai ilmu disiplin ilmu sosial dan Humaniora serta kegiatan dasar manusia yang dikemas secara ilmiah yang bertujuan memberi wawasan dan pengetahuan yang lebih dalam terhadap kepadapeserta didik dari tingkat dasat hingga sekolah menengah atas.

Seperti pembelajaran ilmu pengetahuan soaial dalam tingkat sekolah dasar (SD) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan keterampilan sebagai siswa dan warga negara yang baik sedini mungkin. Karena pendidikan IPS tidak hanya memberikan pengertian ilmu pengetahuan sosial saja tetapi juga tertuju pada pengembangan ketrampilan berfikir kritis , sikap yang memiliki kecakapan dasar siswa yang berpijak pada kehidupan sosial dalam bermasyarakat. Luas nya kajian IPS ini mencakup beberapa kehidupan yang beraspek majemuk baik hubungan sosial , ekonomi , budaya sejarah , psikologi,maupun politik semua dipelajari dalam ilmu sosial ini.

Ilmu Pengetahuan sosial menurut para ahli

Trianto

Menurut beliau pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan intregasi beberapa cabang dari ilmu sosial, misalnya sejarah, ekonomi , giografi, sosiologi, politik dan budaya.Trianto juga mengatakan bahwa ilmu pengetahuan sosial dirumuskan berdasarkan realitas dan fenomena dalam kehidupan masyarakat yang diwujudkan dalam suatu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang – cabang ilmu sosial.

Supardi

Mendefinisikan ilmu pengetahuan sosial yaitu suatu penyederhanaan disiplin ilmu – ilmu sosial , psikologi, filsafat idiologo negara dan negara yang dikoordinasikan serta disajikan secara ilmiah dengan suatu tujuanyang mendidik. Dengan adanya pengetahuan sosial siswa diarahkan dibimbing, dan dibantu untuk menjadi warga negara dan warga dunia yanag baik , hal itu merupakan tantangan yang berat karena masyarakat global mengalami perubahan dalam setiap perkembangan waktu.

Menurut Zuraik dalam Djahari (1984) hakikat IPS adalah harapan untuk mampu membina sesuatu masyarakat yang baik dimana para anggotanya benar – benar berkembang sebagai insan sosial yang rasional dan penuh tanggung jawab sehingga dapat menciptaka nilai – nilai tertenu.

Tujuan Pembahasan Ilm Pengetahuan Sosial (IPS)

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari tingkat SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB hal tersebut ditegaskan oleh Pemberdiknas RI Nomor 22 Tahun 2006.
Pada jenjang SD/MI/SDLB materi ilmu pengeetahuan sosial meliputi geografi, sejarah, ekonomi , serta sosiologi, melalui dari pelajaran ilmu pengetahuan sosial peserta didik diarahkan untuk menjadi warga negara Indinesia yang baik, demokratis, dan bertanggung jawab serta warga dunia yang cinta damai.

Ada beberapa tujuan ilmu pengetahuan sosial yang menggambarkan bahwa pendidikan tersebut merupakan bentuk pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap yang memungkinkan anak berprestasi dalam kelompoknya dalam bidang akdemis maupun non akademis, serta dalam keluarga , teman bermain , sekolah dan yang lebih luas dalam masyarakat bangsa dan bernegara.

Tujuan utama pembelajaran IPS adalah mengembangkan potensi peserta didik agar belajar lebih peka terhadap masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, terampil menyikapi setiap masalah, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala kepentingan yang terjadi sehari – hari baik yang menimpa dirinya maupun dalam sekelompok masyarakat.

Mata pelajaran IPS disusun secarara sistematis dan terpadu dalam proses pendidikan menuju keberhasilan dan kedewasaan dalam pribadi setiap peserta didik untuk terjun dlam kehidupan bermasyarakat. Dalam tingkat SD/MI mata pelajaran IPS memliki suatu tujuan agar peserta didik berkemampuan :

Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai – nilai sosial dan kemanusiaan, memiliki kemampuan berkomunikasi , bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang nyata ditingkat lokal, global dan nasional.
Memiliki kemampuan dasar untuk befikir logis dan kritisrasa ingi tahu, inkuiri, memecahkan suatu masalah , dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
Mengenal konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
Sedangkan menurut para ahli pembelajaran IPS adalah:
Pembelajaran ilmu IPS menurut Susanto A dalam Mutakin (1998) . Berikut adalah rumusan pembelajaran IPS yang bertujuan:
Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah yang berkembang dalam masyarakat.
Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar kemudian bertangguna jawab membangun masyarakat.
Memiliki kepedulian dan kesadaran terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sosial dan kebudayaan masyarakat
Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran IPS mencakup 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan ketiga aspek tersebut bertujuan untuk membina peserta didik agar dapat mengembangkan ketiga aspek tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian pembahasan tentang pengertian ilmu pengetahuan sosial, dan tujuan ilmu pengetahuan sosial, semoga bermanfaat dan kita menjadi lebih tau bagaimana caranya menjadi warga negara yang baik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Salam Radenpost.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.