Pengertian Blog, Fungsi Blog dan Jenis – Jenis Blog

Mungkin bagi anda yang sudah menggeluti di dunia blogging tidak akan asing mendengar istilah blog, tapi bagi sebagian orang yang belum pernah terjun di dunia blogging belum begitu mengerti tentang blog. Maka dari itu saya akan mengulas mengenai pengertian blog dan fungsi blog itu sendiri. Mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Blog

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari Web dan Log atau Web-Log yang dapat diartikan sebagai catatan harian. Blog adalah halaman web online yang berisi tentang catata, tulisan ataupun artikel yang dapat dilihat atau diakses menggunakan jaringan internet baik secara umum maupun secara pribadi.

Blog juga dapat diartikan sebgai catatan harian seorang blogger (Pemilik Blog) yang pernah dia alami, rasakan ataupun dia ketahui. Semuanya itu di tulis kedalam blog makanya disebut blog.

Fungsi Blog

  • Sebagai Catatn Pribadi

Salah satu fungsi dari blog adalah sebagai catatan pribadi seperti pengalaman hidup, curhat (Curahan Hati), tulisan mengenai hobi dan catatan pribadi lainnya. Biasanya blog pribadi seperti ini hanya bisa dilihat oleh orang – orang tertentu, misalnya teman dekat ataupun kerabat. Yahhh namanya juga catatan pribadi. Kalo dapat dilihat oleh semua orang berarti sifatnya tidak peribadi.

  • Sebagai Media Promosi

Selain untuk catatan pribadi blog juga bisa digunakan untuk media promosi, kita bisa memanfaatkan kan untuk menjual barang, jasa atau produk lain yang kita miliki dengan tujuan untuk mendapatkan uang dari hasil promosi yang kita lakukan melalui blog

  • Sebagai Media Informasi

Fungsi dan manfaat blog selanjutnya adalah sebagai media informasi, kita bisa menggunakan blog untuk berbagi informasi kepada orang lain dengan tujuan supaya orang lain yang belum tahu tentang informasi yang kita bagikan akan menjadi tahu, misalnya informasi seputar handphone, informasi ini sangat berguna bagi orang yang ingin mencari dan membeli handphone baru. Dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita bagikan melalui blog.

  • Sebagai Media Belajar

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan blog sebagai media belajar, misalnya kita membuat blog dengan tema tutorial blog, blog dengan tema ini sangat bermanfaat untuk orang yang ingin memulai di dunia blogging. Atau misalnya tutorial hijab dan masih banyak lagi tema tutorial yang bisa kita tuangkan ke dalam blog dengan tujuan supaya semua orang bisa belajar melalui blog kita.

Jenis – jenis Blog

  1. General Blog

General Blog biasanya berisi berbagai macam tema atau topik, blog seperti tidak membahas topik tertentu bahkan bisa saja semua topik dibahas di blog ini seperti pada blog raden post. Blog seperti ini biasanya disebut blog gado – gado alias blog campuran.

  1. Niche Blog

Niche blog adalah sebuah blog yang membahas topik khusus, orang yang membuat niche blog tidak akan membahas topik lainnya. Misalnya blog dengan topik kesehatan, seluruh isi blog akan membahas tentang seputar kesehatan.

  1. Vlog

Vlog adalah singkatan dari Video Blog. Vlog yaitu sebuah blog yang berisi konten video. Jadi semua isi blog ini adalah video

  1. Microblog

Microblog merupakan sebuah blog yang menyediakan tulisan ataupun teks terbatas seperti twitter, facebook dan kawan – kawannya.

  1. Audio Blog

Audio blog merupakan sebuah blog yang berisi audio mp3 dan musik atau audio mp3 yang ada didalam blog ini bisa kita dengar dan bisa kita download

  1. Photoblog

Photoblog merupakan sebuah blog yang kontennya berisi foto

Platform Blog

Saat ini sudah tersedia banyak platform blog yang bisa kita gunakan untuk membuat blog. Berikut ini adalah beberapa platform blog yang banyak digunakan di dunia

  1. WordPress (WordPress.com / WordPress.org
  2. Blogger (Blogspot.com)
  3. Open Blog
  4. Serendipity
  5. Dotclear
  6. B2evolution
  7. Textpattern
  8. Nibbleblog
  9. Life type
  10. Pixie
  11. Nurcleus
  12. Htmly
  13. Eggblog
  14. Flatpress
  15. Tumblr
  16. Medium
  17. Svtble
  18. Quora
  19. io
  20. Sett
  21. Ghost
  22. Dan masih banyak lagi

Demikian artikel mengenai pengertian blog dan fungsi blog, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan tunggu artikel selanjunya dari Raden Post. Terima Kasih

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *