Pengertian Artikel Menurut Para Ahli, Ciri – Ciri, Jenis – Jenis dan Manfaat Artikel

Apa Pengertian Artikel? inilah pembahasan kita kali ini. Artikel sering kali kita temukan diberbagai media online misalnya saja situs berita, blog ataupun situs jejaring sosial. Untuk mengetahui lebih mendalam apa pengertian artikel, ciri – ciri artikel, tujuan artikel serta manfaat artikel, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel

Artikel merupakan sebuah karya tulisan atau karangan yang memiliki tujuan yakni menyampaikan sebuah fakta yang bermaksud untuk meyakinkan ataupun untuk menghibur bagi para pembaca.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahi

Adapun pendapat Beberapa para ahli mengenai pengertian artikel, diantaranya sebagai berikut :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menuru Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Artikel ialah karya tulis lengkap pada sebuah majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.

2. The America Heritage Desk Dictionary

Menurut The America Heritage Desk Dictionary artikel ialah bagian dari suatu tulisan non fiksi memiliki bentuk yang bebas bebas bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

3. Rillan E. Wolseley

Menurut pandangan Rillan E. Wolseley artikel ialah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan. Memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik ataupun menghibur.

4. Webster’s Collegiate Thesaurus

Menurut Webster’s Collegiate Thesaurus artikel ialah karangan, catatan, kritikan, manifes, reportase, putusan, pelajaran dan survey.

5. Ensiklopedia Pers Indonesia

Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia artikel ialah suatu karangan prosa dalam sebuah media massa yang membahas pokok permasalahan secara lugas.

6. Wikipedia

Menurut Wikipedia artikel ialah karya tulis yang disusun untuk diterbitkan kedalam jurnal maupun buku. Kumpulan artikel yang ditulis dengan cara atau bahasa ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang sudah ditetapkan. Artikel ilmiah bisa diangkat dari sebuah hasil penelitian di lapangan, hasil pemikiran atau gagasan dan kajian pustaka maupun hasil dari pengembangan sebuah projek.

7. Al – ‘Aqli

Menurut Al – ‘Aqli Artikel ialah sebuah tulisan yang ditulis oleh beberapa ilmuan. Setiap pembahasannya dikaji dan diselesaikan dengan tuntas, lugas dan jelas sehingga pembaca dapat mengambil pokok bahasan dari sebuah karangan yang ditulis.

8. Sumandiria

Menurut Sumandiri Artikel ialah tulisan lepas yang berisi tentang opini atau pendapat seseorang yang mengupas dengan tuntas mengenai sebuah masalah yang bersifat aktual dan juga kontroversial  bertujuan untuk memberi pengaruh, memberitahu, memberi keyakinan dan hiburan untuk para pembaca.

Ciri – Ciri Artikel

  1. Isi tulisan dilatar belakangi dengan fakta, bukan sekedar mitos yang belum tentu kebenarannya.
  2. Bersifat faktual dan informative, mengungkap informasi berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Artikel ilmiah juga memiliki opini atau analisa dari berbagai pemikiran penulisnya. Namun pemikiran itu mesti berdasarkan data yang valid dari hasil penelitian sebelumnya. teori maupun fakta yang ditulis kedalam artikel.
  4. Metode penulisanya sistematis. Dengan tujuan supaya seluruh informasi yang ada didalam artikel dapat diterima masyarakat luas.
  5. Menggunakan bahasa resmi dan baku. Karena dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif dan efektif dapat membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat dan berisi serta mudah dipahami.

Jenis – Jenis Artikel

1. Narasi

Narasi sering dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat beberapa kejadian dalam satu urutan waktu. Didalam kejadian tersebut ada suatu tokoh yang sedang menghadapi sebuah konflik. Narasi dapat berisi fakta maupun fiksi.

2. Deskripsi

Karangan jenis ini berisi tentang gambaran sebuah hal atau keadaan sehingga pembaca seperti seolah-olah melihat, mendengar atau merasakan keadaan tersebut.

3. Argumentasi

Karangan jenis ini mempunyai tujuan yaitu membuktikan kebenaran dari sebuah pendapat, kesimpulan dengan fakta ataupun data sebagai alasan dan bukti nyata. Dalam argumentasi pengarang memiliki harapa yaitu sebuah pembenaran dari pandangannya. Terdapat unsur opini dan data serta fakta atau alasan sebagai pendorong opini tersebut.

4. Persuasi

Karangan jenis ini memiliki tujuan yakni supaya dapat mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Didalam persuasi, pengarang berharap supaya adanya sikap motorik yakni berupa perilaku yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan apa yang dianjurkan penulis dalam karangan tersebut.

Manfaat Artikel

Artikel ada banyak sekali manfaatnya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Sarana untuk menyampaikan ide gagasan dari penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatifitasnya.
  2. Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur serta mudah dimengerti.
  3. Memahami tujuan penulisan yang supaya nantinya dapat menguasai kompetensi menulis yang harus diraih.
  4. Sebagai sarana terbitan dari hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  5. Memberi dampak akademis bagi pembaca

Demikian Pembahasan mengenai pengertian artikel, ciri – ciri artikel, jenis – Jenis Artikel serta Manfaat Artikel. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *