Wisata Alam Air Terjun Cunca Rami Flores Nusa Tenggara Timur

Air Terjun Cunca Rami adalah air terjun yang sangat indah, berada dikawasan Hutan Mbeiling Kecamatan Sano Nggoang, Flores Nusa Tenggara Timur. Dengan Ketinggian air terjun sekitar 30 meter dengan tiga tingkatan dan berada diketinggian 200 meter diatas permukaan laut. Cunca dalam bahasa lokal artinya air terjun, sedangkan Rami artinya hutan. Jadi cunca rami artinya air terjun dalam hutan.

Air Terjun Cunca Rami

Hutan Mbeiling sendiri merupakan salah satu kawasan hijau berbentuk hutan yang dekat dengan Labuan Bajo, dan dikategorikan sebagai hutan wisata. Karena didalam hutan ini menyimpan banyak potensi wisata, sehingga udara di sekitar terasa sangat sejuk. Kebanyakan para wisatawan yang datang berkunjung melakukan trekking secara berkelompok. Dibawah terjunan air terdapat kolam air berukuran dengan diameter sekitar 5 sampai 7 meter dan berkedalaman sekitar 12 meter.

Air Terjun Cunca Rami

Untuk menuju lokasi Cunca Rami, para wisatawan bisa melewati arah dari kota Labuan Bajo. Jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dari Labuan Bajo menuju ke Bambor lalu menuju Werang. Setelah sampai di Werang kendaraan di parkir, dan para wisatawan melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak yang masih dipenuhi tumbuh-tumbuhan dikiri kanan jalan, dengan menikmati keindahan alam dan perpaduan suara burung pada pagi atau sore hari.

Air Terjun Cunca Rami

Setelah kurang lebih 1 jam berjalan, anda akan disuguhkan Cunca Rami yang eksotis. Air terjun sepanjan 30 meter ini memiliki kecepatan air yang deras membelah lereng yang tegak. Dinginnya air pegunungan sungguh menyegarkan dan sangat tepat untuk merelaksasi badan serta pikiran. Jika beruntung anda bisa menikmati indahnya pesona pelangi yang terbentuk dari percikan air terjun yang terkena sinar matahari.

Setelah menikmati keindahan air terjun Cunca Rami, sebelum wisatawan kembali ke Labuan Bajo wisatawan dapat mengunjungi air terjun Cunca Wulang yang lokasinya juga berada di Hutan Mbeiling di Kecamatan Mbeiling.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 Raden Post